Pilih Blogger atau Wordpress

6/10/2015
Wordpress dan Blogger merupakan platform blog dengan pengguna lain namun nyatanya tidak bisa menyingkirkan dua nama ini. Saking terkenalnya orang-orang hanya ingin membandingkan Wordpress dan Blogger dengan mengesampingkan lainnya. Terkadang orang-orang pun dibuat bingung untuk memilih Wordpress atau Blogger, untuk membantu menghilangkan kebingungan sobat akan hal ini, mari kita bahas kedua platform tersebut sehingga dapat menentukan mana yang lebih cocok untuk sobat gunakan.

Wordpress














Wordpress adalah sebuah CMS merupakan sebuah script atau boleh dibilang software (yang dapat didownload gratis di wordpress.org) kegunaannya untuk mempermudah pengelolaan konten, baik itu konten website maupun blog. Selain itu Wordpress memiliki layanan pembuatan blog gratis di wordpress.com, berbeda dengan CMS dari wordpress.org yang harus memiliki hosting sendiri untuk menggunakannya, wordpress.org merupakan layanan pembuatan blog gratis tanpa harus memiliki hosting sendiri, namun dengan banyaknya keterbatasan seperti tidak boleh menggunakan javascript, tidak tersedia plugin, dll.


Blogger














Blogger merupakan layanan pembuatan blog gratis seperti wordpress.com, blogger sendiri berada dibawah naungan situs nomor satu saat ini yaitu Google, tidak heran jika akhirnya banyak orang menggunakan layanan Blogger karena memang Blogger dikelola oleh perusahaan besar. Selain itu kehandalan server tidak perlu diragukan lagi, blogger jarang sekali gangguan.


Berikut ini perbandingan antara wordpress dan blogger dari beberapa aspek.


Fitur

Jika kita bandingkan wordpress.org dan blogger tentu saja wordpress lebih unggul, dimana seseorang bisa lebih leluasa dalam mengelola sebuah blog. Wordpress juga memiliki plugin, sebuah fitur tambahan untuk mempermudah pengaturan konten. Tidak sampai disitu dengan wordpress  seseorang dapat membuat website dengan script yang kompleks. CMS wordpress sendiri sangat banyak digunakan oleh website-website besar.


Penggunaan

Dalam segi penggunaan sepertinya blogger lebih unggul, orang awam yang baru mengenal dunia blog beberapa hari pun pasti akan langsung bisa menggunakan blogger. Blogger sangat simple, dimana pengguna tidak perlu memikirkan hosting, cara memanage server, tidak perlu mengerti bahasa pemograman, dsb.


Biaya

Dari segi biaya, jika menggunakan wordpress.org tentu kita harus menyewa hosting dan domain, tidak seperti blogger yang sudah menyediakan hosting gratis dan subdomain gratis, di wordpress.org kita harus menyewa domain dan hosting sendiri. Memang ada wordpress.com yang menyediakan subdomain hosting sendiri, namun dalam hal fitur Saya rasa Blogger lebih baik dibanding wordpress.com. Subdomain Blogger dan Wordpress.com juga dapat diganti, namun ini akan memakan biaya tambahan penyewaan domain. Misalnya namasobat.blogspot.com atau namasobat.wordpress.com dapat diganti dengan top level domain seperti www.namasobat.com, namasobat.net, dsb.


Keamanan

Selama sobat tidak memberikan kata sandi sobat ke orang lain, blog di blogger akan aman dari gangguan hacker / cracker. Berbeda dengan wordpress.org, wordpress.org sangat rawan oleh tindakan hacking / cracking banyak cara untuk membobol cpanel atau database blog di wordpress, namun dengan wordpress jika kita mengerti bahasa pemograman kita akan dapat meminimalisir segala tindakan tersebut. Tapi perlu diingat, "Tidak ada blog atau situs di internet yang tidak mempunyai bug / celah" tidak terkecuali situs besar seperti Google.


Seo

lebih sering mana wordpress atau blogspot yang muncul di mesin pencarian
(google, yahoo, bing, ask, dll)???

Tentu saja dalam hal seo semua kembali lagi ke sang pengelola situs, banyak orang beranggapan kalau blogger lebih seo friendly dengan search engine google, karena blogger produk dari google. Namun tidak sedikit pula orang menganggap wordpress lebih baik dalam hal seo karena adanya plugin-plugin seo packed, bahkan engginer google "matt cutts" menggunakan CMS wordpress untuk mengelola blognya. Menurut Saya baik blogger maupun wordpress keduanya sama saja dalam hal seo, semua tergantung siapa yang mengelolanya.


Kesimpulan

Jika sobat adalah seseorang dengan dana lebih dan menginginkan blog dengan banyak fitur, tentu saja wordpress akan menjadi pilihan yang terbaik

Namun jika tidak ingin pusing dengan script, database, biaya dan menginginkan blog yang simple dan mudah digunakan, blogger.com bisa jadi pilihan yang terbaikl.

Blogger bagus untuk pemula (belajar ngeblog)

Dengan segala kelebihannya, wordpress sangat cocok untuk sobat yang sudah expert.


Itulah sedikit ulaan tentang Pilih Blogger atau Wordpress, semoga dengan ulasan ini sobat sudah bisa menentukan mana yang sebaiknya sobat gunakan.


Terimakasih, semoga bermanfaat :)

Share this


Share this with short URL Get Short URLloading short url

Previous
Next Post »

Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>
  • Kemudian parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Show comments
Hide comments

✔ Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
✖ Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
✖ Jangan Berkomentar Dengan Link Aktif

Terima Kasih Sudah Berkomentar